Belajar Mengubah PTK menjadi buku

Pelajaran ke-2, "Belajar Menulis bersama Om Jay"  kali ini bersama nara sumber seorang editor ternama yaitu Ibu Hati Nurahayu

Penelitian Tindaka Kelas (PTK) merupakan syarat wajib seorang guru terutama PNS yang akan naik pangkat. Regulasi beberapa tahun terakhir bahkan mulai dari pangkat IIIa sudah harus ada karya ilmiah guru jika akan naik pangkat, maka belajar menulis merupakan sesuatu yang sangat penting bagi guru.

PTK sebenarnya hanyalah menuliskan aktifitas guru dalam kegiatan mengajarnya, jika kurang berhasil atau ada masalah , maka bagaiman cara memperbaikinya, nah treatmen apa atau usaha apa yang akan diberikan guru dalam kelasnya itu maka dilaporkan dalam ditulisan. 

Bagi guru yang sudah biasa menulis maka mungkin mudah untuk merangkai kata dan dituangkan dalam laporan PTK, namun bagi guru yang belum pernah menulis maka hal itu bisa sangat berat, maka butuh pembiasaan atau latihan menulis.

Bila PTK sudah bisa dilakukan dan dibuat dalam bentuk laporan, ternyata hasilnya bisa juga di buat menjadi berbagai bentuk hasil tulisan yaitu berupa jurnal  dan buku

Jurnal  dari sebuah PTK disajikan lebih singkat sedangkan sajian dalam bentuk buku dari sebuah PTK disajikan lebih panjang atau lebih lengkap terutama dalam ulasan materi variabel bebasnya dari kata kunci judulnya, tentunya berdasarkan sumber yang relevan.

Untuk judul buku bisa diambil dari inti buku tersebut, sedangkan jumlah halaman sebuah buku minimal 70 halaman. Untuk bisa menjadi buku yang menarik maka perlu banyak membaca buku yang best seller.

Semoga bisa memotivasi diri bisa mengubah PTK menjadi sebuah buku..... aamin

Comments