9 TIPS MENULIS RESUME (Resume 8)

Malam ini saya belajar menambah pengentahuan romantika membuat blog dari seorang blogger muda ,seorang guru SD yang syarat dengan prestasi.

            Terlahir di  kuningan, 13 september 1984 dengan nama Teresia Sri Rahayu.

Setelah lulus sebagai Sarjana PGSD kemudian belaiau mengajara di SDN  Waihibur, Kabubpaten Sumba Tengah  Nusa Tenggara Timur.

            Sederet prestasi yang pernah ditorehkannya adalah :

1.       Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kab. Bandung Barat (2014)

2.       Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kab. Bandung Barat (2014)

3.       Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kec. Padalarang (2014)

4.       Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018)

5.       Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional (2018)

6.       Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat nasional (2018)

7.       Peserta Short Course ke Luar Negeri dalam Program 1000 Guru ke Luar Negeri (2019)

8.       40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching Challenge (2019)

9.       Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat internasional (2019)

10.   Guru Inti Terbaik dalam Pembekalan Guru Inti Program PKP tingkat Provinsi NTT (2019)

11.   Peserta Terbaik dalam Bimtek UKS Regional Bali

12.   Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019)

13.   Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkat internasional (2019)

14.   Kader Inti Gerakan Ajarmat / Ayo Belajar Matematika (2019)

15.   Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay (2020)

16.   Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta pada bulan (2020)

17.   35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics (2020)

 

Blogger dengan nama tenar Cikgu Tere ini mengawali tulisannya di blog secara aktif sebenarnya belum lama, tapi karena beliau orang yang sangat perfect dengan kemauan keras untuk berprestasi, ternyata hasil tulisan blognya telah menghasilkan beberapa penilaian yang membanggakan.

Bermula dari mengikuti pelatihan menulis blog bersama Om Jay, cikgu Tere mampu menyelesaikan dengan baik bahkan mampu menyelesaikan tantangan dari instrukturnya yaitu Ibu Lilis Sutikno sehingga mendapatkan penghargaan :

1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1

Dengan keberhasilannya menjawab tantangan tersebut menambah semangat beliau untuk menulis, bahkan ketikan instruktur lain , Prof. Richardus Eko Indrajit menantang untuk menulis buku dalam waktu seminggu, beliau dan sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Setelah melewati  bimbingan kemudian karyanya berhasil berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dibukukan dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Buku tersebut dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.


                     

 

                Ibu Tere ini memang kelihatan orang yang sangat gigih, cerdas dan berkemauan keras, maka syarat dengan banyak prestasi. Baru pemula sebagai blogger langsung bisa membukukan apa yang dia tulis. Disamping itu blog yang dibuatnya ada yang berhasil dikunjungi ribuan pembaca, misalnya

https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah.html?m=1

Banyak motivasi orang menulis, bagi beliau ada 2 motivasi saat menulis , yaitu untuk berbagi / sharing dan utk berprestasi. Prinsip menulis dari Om Jay sangat dipegang teguhnya yaitu :  "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya", karena ini telah dibuktikannya.

            Cikgu Tere berbagi tips dalam menulis resume, berikut tipsnya :

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self.

3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)

4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (bisa dihubungkan dengan kehidupan kita)

5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.

6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita  menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dari orang lain / blogger yg lain.

Ikuti trik membuat resume yang menarik :

·         Menentukan judul resume yg wow

Baca artikel berikut : https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1

·         Mencari referensi terkait topik

·         Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

·         Merancang tampilan / visual resume dengan menambahkan gambar atau video di resume kita.

·         Melakukan editing sederhana (PUEBI)

 

7. Cari informasi terkait narasumber yg akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yg lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yang mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.

9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Prinsip beliau menulis ya harus bermutu, maka untuk menulis yang dikatakan bermutu, tentunya kita harus terus menulis, karena tulisan yang bermutu bukan produk sekali jadi. Ibaratnya butuh jam terbang juga. Maka untuk mengetahui tulisan itu bermutu atau tidak, bisa dicoba dikirim ke majalah atau blog komunitas seperti kompasiana atau gurusiana. Karena di sana ada penilaian terhadap tulisan kita.

Kemudian jika masih ada rasa kurang percaya diri atau minder, kita harus kembali meluruskan niat kita utk menulis yaitu untuk berbagi. Jika kita ikhlas berbagi, maka pelan - pelan perasaan minder akan hilang.

Untuk memulai menerbitkan sebuah karya, bisa dimulai dari lingkup sekolah terlebih dahulu. Mungkin ada majalah dinding atau blog / website sekolah.

Memotivasi diri untuk tetap bisa menulis tentunya harus disiplin dengan waktu. Dengan banyaknya kegiatan kita sebagai guru maka bisa ditiru strategi ibu Tere , beliau memberikan strategi dengan cara  memulai hari dengan membuat jadwal dulu. Hari ini mau melakukan apa, sehingga kalau terjadwal maka apa yang akan kita lakukan menjadi termenej dengan baik

 

Pesan beliau yang perlu dicatat tentang menulis resume adala  bahwa “menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah”

            Masih muda, sederet prestasi, sangat gigih, cerdas dan berkemauan keras, itulah Cekgu Tere. Semoga apa yang beliau sharingkan ilmunya dapat menjadi panutan bagi para penulis pemula, seperti saya juga.



Comments

Post a Comment