Guru Inspirasi Dari Ujung Timur Nusantara (Resume 26)

Seorang Ibu Guru pejuang pendidikan dari ujung Nusantara malam ini akan menjadi nara sumber  inspirasi para peserta pelatihan menulis bersama Om Jay malam ini, Rabu 29 Juli 2020, Beliau adalah Ibu Dra. Lilis Ika Herpianti, SH. Materi ke 26 ini akan beliau paparkan pengalaman beliau selama melanglang pelososk nusantara bagian timur yaitu di Nusa Tenggara Timur, maka materinya beliau beri judul “Menjadi Guru Inspirasi Hingga Pelosok Negeri”

            Ibu guru SMP Negeri 2 Nekamese di Kupang yang mengajar P Kn ini meski tinggal di NTT sebenarnya orang Surabaya (orang Jawa) karena lahir di Surabaya 11 Maret 1969,dan ternyata bahasa jawanya juga halus. Beliau tinggal di NTT karena menikah dengan orang asli NTT. Jabatannya sekarang adalah sebagai guru madya. Pendidikan S1 IKIP PGRI Surabaya Jurusan Pendidikan IPS lulus tahun 1992,sedangkan S2  beliau lanjutkan di Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum lulus tahun 2000.

                 

                               

            Ibu Lilis ini merupakan penulis buku best seller yang berjudul Guru adalah Inspirasi. Saat ini juga sedang merampungkan buku Antologi Puisi, juga  menjadi editor buku Antologi Puisi, dan sudah terbit, berikut diantara buku-buku beliau : Guru adalah Inspirasi, Cinta Tergerai, Beringin Tua, Mimpi dan Cita-Citaku

             

                              

                     Berikut gambaran perjuangan beliau dalam tugasnya sebagai guru di NTT. Selain menjadi guru beliau adalah instruktur provinsi NTT, mata pelajaran PPKn Jenjang SMP. Juga Narasumber Literasi daerah perbatasan. Sebagai nara sumber tentunya beliau harus mengunjungi setiap daerah yang mengundangnya tanpa mempertimbangkan hal-hal yang membuatnya mundur. Beliau sudah terbiasa  jalan sendirian di sela hujan dan badai, harus berani naik angkutan apapun dan ikut dengan siapapun. Jatuh gedebug sudah makanan sehari-hari. Saat jatuh tidak ada orang yang membantu maka harus bangun sendirian. Beliau mengumpamakan dirinya seolah mempunyai “Otot kawat balung wesi” kata orang Jawa. Beliau pun   dijuluki teman-teman dan pejabat NTT sebagai Anggota DPR jalanan. bahkan  dulu saat jalan ke sekolah tempat bekerja jelek sekali  beliau  pernah jatuh dua kali, tetapi sekarang jalan menuju sekolah tempat kerja beliau  sudah baik. Mulus seperti pipi seorang gadis yang tak berjerawat.

Perjalanan beliau meraih sukses seperti sekarang bukannya tanpa kendala. Kendala itu ada dari dalam diri beliau sendiri maupun dari luar yang itu sempat melemahkan motivasinya. Kendala itu salah satunya kepala sekolahnya tidak mendukung semua kegiatan yang beliau ikuti, Sebagai penyemangat hal ini beliau tulis dalam blognya www.guruinspirasintt.com. DIAM itu EMAS. Kendala dari dalam diri , beliau atasi dengan perbanyak dzikir Laa ilaaha illa Anta Subhaanaka innii kuntu minadh dholimiin.

 Semua kisah perjuangannya mengelilingi pelosok di NTT diditulisnya dalam buku “GURU adalah INSPIRASI” Serial : PELITA KAMPUNG BETA JEJAK JUANG GURU DI NTT, dan ternyata buku ini  menjadi best seller yang laku keras di pasaran bahkan merambah hingga ke luar negeri. Maka  buku itulah  yang membawa beliau  terbang tinggi bersama karier PNSnya. beliau menjadi instruktur berkat beliau menjadi seorang penulis buku.

Salahsatu yang menarik dari beliau adalah beliau menyebarkan tulisannya lewat media facebook, selain dari itu beliau juga seorang guru yang kreatif dapat memanfaatkan untuk melukiskan betapa beratnya perjuangan beliau bersama yang ada di Kabupaten NTT. Tulisan beliau telah  menginspirasi banyak orang, maka mampu meraih beberapa kemenangan pada kompetensi terkait kepenulisan dan mengalahkan pesaing lain yang punya karya yang luar biasa. Salahsatunya adalah Indonesia Digital Learning (IDL)  yang diselenggarakan oleh PT. Telkom Bersama dengan PGRI. 

 Sebagai seorang penulis juga instruktur beliau orangnya tidak pedulian, artinya demi mengajar para guru di perbatasan beliau rela naik kendaraan apapun ikut siapapun asalkan beliau tidak terlambat mengajar para guru. Menurut beliau apapun yang Allah berikan kepada kita harus disyukuri, dan nikmati itu sebagai anugerah terindah dari Allah untuk kita. Lalu lukiskan keadaan apapun yang Allah berikan kepada kita dalam goresan pena kita. Suatu saat goresan pena itu akan membekas pada sanubari dan menjadi sejarah indah bagi generasi kita. Lontaran beliau ini sungguh sangat menginspirasi bagi saya.

Salahsatu yang menarik dari beliau adalah beliau menyebarkan tulisannya lewat media facebook, selain dari itu beliau juga seorang guru yang kreatif dapat memanfaatkan untuk melukiskan betapa beratnya perjuangan beliau bersama yang ada di Kabupaten NTT. 

 Beliaupun ini juga tidak pelit membagikan power point tentang mengajar menulis inspirasi kepada teman-temannya, supaya teman-temannya bisa menambah atau mengurangi sebagai bekal menjadi Narasumber secara offline kepada sahabat guru semuanya.

Berikut ilmu yang beliau bagi kepada teman-temannya tersebut yaitu beberapa Cara  Mencari dan mendapatkan inspirasi menulis yaitu:

  • Posting teman-teman ngeblog
  • Buku penulis terkenal
  • Pengalaman selama seharian
  • Buku tabungan ide anda
  • Menulis bebas
  • Baca postingan lama anda
  • Tutup pintu anda
  • Dengarkan pembaca anda
  • Pastikan anda bahagia

 Beliau adalah inspirasi bagi guru-guru maka beliau selalu memeberi motivasi kepada mereka semua dan memberikan gambaran bahwa menulis itu mudah bahkan kata beliau menulis itu  semudah kita membuat ceplok telur. Beliau juga  membantu mencari penerbit yang murah. Yang bisa di jangkau oleh guru2 di perbatasan. Beliau juga bergabung dengan AGUPENA NTT (Mengurusi penerbitan Jurnal Ilmiah Guru) untuk bahan naik pangkat

Bagi bu Lilis yang sudah menikmati indahnya menulis, sudah bisa punya rasa bahwa menulis  itu serasa hidup tak akan mati.Sebab seorang penulis itu tidak tidak akan pernah mati. Lho mengapa? Ya suatu saat jika penulis itu telah tiada, rekam jejaknya akan terus ada. Wah prinsip ini penuh inspirasi yang perlu diikuti.

             Setelah menyimak paparan perjuangannya, dalam benak saya Ibu Lilis ini orang yang sangat energik, tidak kenal lelah dan pantang menyerah. Sosok yang sangat menginspirasi. Saya kagum juga tokoh inspirasi bagi beliau adalah Rosulullah Muhammad SAW dan perjuangannya. Semoga beliau selalu sehat dan  perjuangan beliau di daerahnya mendapatkan ridho Allah, aamiin.


Comments

  1. Semangat bu...
    Terima kasih sudah sangat lengkap. Sudah di kirim ke FB ya?... juga via email?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sdh mampir bunda, trima kasih supportnya

      Delete
  2. mantap Bun, lanjutkan. https://diansariati.blogspot.com/2020/07/6-cara-menulis-buku-best-seller.html.

    ReplyDelete

Post a Comment