Inspirasi Dari Seorang Blogger (Resume 6)

Mr. Bams itu namanya di blog, sedang nama aslinya adalah Bambang Purwanto. Beliau seorang blogger yang sangat aktif, tulisannya hampir setiap hari muncul dalam blognya. Kecintaannya terhadap anak kecil memberinya inspirasi untuk juga menjadi seorang pendongeng. Selain itu beliau juga seorang pegiat literasi. Kesenangannya membaca memberinya inspirasi untuk mendirikan taman bacaan di rumahnya sendiri. Kecintaannya pada literasi  juga membawanya mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama pada tahun 2019

         Awal beliau ngeblog tahun 2018 waktu itu sebagai guru di SMP Taruna Bakti. Mulanya mebuat blog bertujuan karena malu seorang guru TIK tidak punya blog, malu seorang pegiat literasi tidak punya blog, lalu tujuan itu berkembang menjadi ingin berbagi pengalaman, ingin menyimpan tulisan sepanjang zaman, dan kemudian ingin mendapatkan rupiah. Tujuan tersebut tampaknya sudah dinikmatinya sekarang. Misalnya di saat pandemi covid seperti sekarang ini,  pengalaman beliau menjadi inspirasi guru-guru seluruh Indonesia.  Beliau membagikan pengalamannya dalam bentuk pelatihan membuat blog, yang diikuti guru-guru seluruh indonesia hingga sudah angkatan ke 4.

           Prnsip beliau yang perlu dicatat adalah bahwa tujuan hidup bukan menjadi orang hebat tetapi menjadi orang yang bermanfaat. Jika kita melakukan kebaikan, maka yang akan datang adalah kebaikan juga.

           Keberhasilan ngeblog beliau adalah karena ada komitmen yang harus dijaga dalam mengelola blog.  Setiap hari berusaha menulis dalam blog, targetkan menu dalam menulis blog, seperti misalnya pagi menulis berita, siang bebas, sebelum tidur juga tulis apa yang dialami seharian sebagai catatan sebelum tidur.

Blog dapat menyimpan tulisan dan bisa dibaca orang lain, kalau tulisan kita hanya di laptop maka tidak ada yang membaca selain kita. Ngeblog adalah belajar menulis apa yang kita pikirkan dan juga untuk membangun kepercayaan diri.

Jika sudah mempunyai blog hendaknya dikelola dengan sepenuh hati sehingga dapat tumbuh kembang dan bisa menjadi cerminan pribadi penulisnya. Ngeblog dapat digunakan untuk berbagi kebaikan bahkan juga untuk menggali potensi diri.

Sebenarnya banyak orang hebat yang bisa, tapi kalau tidak mau melakukannya maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

           Inspirasi yang luar biasa Mr. Bams. Semoga saya dapat mengikuti prinsip-prinsip yang beliau ajarkan malam ini.


Comments